Ini Alasan Mengapa Belum Lancar Berbahasa Inggris Meski Sudah Mengikuti Kursus Bertahun-Tahun

loading...
Saya sudah mengikuti Kursus bahasa Inggris selama bertahun-tahun, tetapi kenapa saya belum mampu berbahasa Inggris dengan baik ya? Ada banyak orang yang mengalami masalah serupa. 
 
Aktivitas kursus memang dianjurkan bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu bahasa Inggris serta mengaplikasikannya dalam ruang lingkung kehidupan sehari-hari. Kita tahu, bahwa sekolah tentu bukan sarana yang tepat apabila ingin mendapatkan skill berlebih dalam berbahasa Inggris. Mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah biasanya hanya 4 jam seminggu. Itupun bisa saja terpotong oleh guru yang tidak masuk kelas. 
 
Kemampuan anak bisa meningkat apabila sekolah mengadakan English club yang memandu siswa untuk lancar berbahasa. Namun sayangnya, tidak semua sekolah mempunyai English club. Masalah tersebut membuat kursus dipandang sebagai alternatif terbaik. Kendati demikian, bisa saja Anda tetap gagal untuk lancar berbahasa Inggris meski sudah mengikuti kursus selama bertahun-tahun. Kenapa demikian? Simak 3 alasannya berikut ini.
 

Anda Salah Memilih Kursus Bahasa Inggris

 
Tentukan tujuan Anda dalam kursus bahasa Inggris. Di bidang apa Anda ingin meningkatkan kemampuan? Berbicara, atau grammar? Jika ingin berbicara bahasa Inggris dengan baik, maka jangan ikuti kursus-kursus bimbel yang mengedepankan pada tata bahasa. Sebaiknya Anda join ke conversation. Bila perlu, pekerjakan seorang guru privat yang membimbing Anda untuk mampu bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris.
 
Selain kesalahan pemilihan bidang, kesalahan lainnya adalah, banyak orang tergiur dengan lembaga kursus yang tampak professional dari luar. Saya pernah mengikuti bimbel yang terlihat begitu bonafit, namun ternyata, banyak guru yang masih kurang level kemampuannya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda kumpulkan testimonial dari orang lain  terlebih dahulu sebelum mengikuti kursus.
 
Advertisement

Anda Belum Berani Show Off

 
Kelancaran berbahasa adalah milik mereka yang berani bertanya, berani berucap meski salah, dan selalu berpartisipasi di dalam kelas. Kelancaran berbahasa bukan milik orang yang terus berkutat dengan rasa malu dan rasa takut. Diam memang emas, tetapi tidak disini.
 
 
Salah satu teman saya pernah membuktikan, bahwa ia mampu berbahasa dengan baik pada selang waktu satu tahun. Padahal setahun sebelumnya, ia tampak seperti seorang paling ceroboh di kelas, karena banyak mengalami kesalahan ketika berucap. Kendati demikian, konsistensi untuk belajar dan berani membuatnya menjelma menjadi penutur bahasa yang sukses.
 

Anda Malas

 
Ada ribuan siswa yang ikut kursus bahasa Inggris hanya karena ikut-ikutan, akibatnya mereka malas untuk berkembang. Sepulang kursus, pelajaran seketika terlupakan karena tidak diulang dan diulas kembali.
 
Saya rasa, rasa malas inilah yang menyebabkan uang terbuang sia-sia sementara kemampuan bahasa Inggris yang baik tidak kunjung didapat. Jika Anda ingin sukses, buang rasa malas dan tekunlah berlatih.
Segera, setelah Anda tahu letak kesalahannya, hindari dan buktikan bahwa Anda mampu lancar berbahasa. 
 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *