3 Tips Inspiratif Meraih Ranking 1 di Pelajaran Bahasa Inggris

loading...
Ranking 1 merupakan sebuah frase kata prestisius yang diincar oleh semua siswa. Melalui label ranking 1, kita bisa berbangga karena tidak ada lagi yang bisa menyamai prestasi kita sendiri di kelas tersebut, kecuali guru tentunya. Predikat ranking 1 inilah yang akan saya kupas dalam artikel ini; melalui tips-tips singkat nan bernas yang ada di bawah ini, Anda kemungkinan besar mampu meraih ranking 1 di dalam pelajaran bahasa Inggris. Tetapi ingat, harus dipraktikkan secara serius dan konsisten ya. 🙂
 

Berusaha Dua Kali Lebih Keras

 
Anda mengenal Lim Swie King? Ya, ia merupakan seorang pebulutangkis berprestasi dari Indonesia. Kemudian, apa inspirasi yang bisa kita ambil darinya? Salah satu tekad King adalah mengalahkan Rudy Hartono. Caranya, Ia berusaha untuk melakukan dua kali dari yang dilakukan oleh Rudy, ketika Rudy Hartono latihan 2 jam, maka ia akan berlatih selama 4 jam. Ketika Rudy Hartono keliling lapangan selama 10 putaran, maka King akan berkeliling selama 20 putaran.
 
 
Back to the class. Di kelas Anda, siapa yang ranking satu? Siapa siswa terbaik dalam pelajaran bahasa Inggris? Jika Anda telah mengetahuinya, lakukan sistem kerja dua kali lebih keras dari yang ia miliki. Apabila ia membaca 5 teks bahasa Inggris sehari, maka anda harus 10 teks bahasa Inggris sehari. Jika ia mendengarkan 3 lagu bahasa Inggris selama seminggu, maka dengarkan 6 lagu bahasa Inggris seminggu.
 
Bagaimana bila ia adalah siswa super duper jenius yang rasanya amat sulit dikalahkan? Tingkatkan porsi belajar bahasa Inggris Anda. Dari dua kali lebih keras, jadikan tiga hingga empat kali lebih keras. Tidak ada orang yang selalu sempurna, suatu saat Anda pasti bisa menemukan celah kekalahannya. Apa yang dilakukan King adalah bukti bagi kita!
Advertisement
 

Hidup di Kelas Laksana Air yang Mengalir

 
Maksudnya, Anda harus mengikuti aturan kelas agar kecerdasan Anda dapat diketahui oleh guru.
 
Sewaktu saya SMA, guru bahasa Inggris saya hampir selalu membuka halaman yang berisi teks, ia kemudian membaca dan bertanya mengenai makna kosakata yang ada di teks tersebut. Lebih jauh lagi, ketika ulangan harian dilaksanakan, ia selalu memberikan wacana lengkap dengan soal-soal yang terkait dengan isi teks tersebut. Jadi, secara konsisten ia ingin melatih skill reading comprehension siswanya.
 
Saya hafal betul pola ia mengajar. Sehingga sebelum ia mengajar, saya sudah tahu mana teks yang akan ia keluarkan dan digunakan untuk menguji pemahaman kosakata siswa. Saya tinggal baca teks tersebut sehari sebelum ia mengajar. Saya hafalkan kosakata penting yang kira-kira akan dia tanyakan. Ketika sang guru bertanya mengenai makna kosakata, saya langsung menjawab, dan nilai keaktifan seketika masuk ke nama saya. Tentu saja, seorang siswa yang begitu aktif dan hampir selalu menjawab pertanyaan guru dengan benar, akan mudah dikenali oleh gurunya serta mudah pula meraih ranking 1.
 
Begitu juga dengan Anda, ketahui apa  yang guru Anda selalu ajarkan. Misal, ia selalu mengajak Anda untuk berbicara bahasa Inggris. Berarti ia suka jika Anda aktif berbicara bahasa Inggris. So, beranikan diri untuk mencoba berbicara di kelas, meski kata-kata Anda belum sempurna. Ikuti aliran kelas Anda dan siapa tahu, Andalah sang ranking 1 berikutnya.
 

Berdoa Kepada Tuhan & Berbakti Kepada Orang Tua

 
Selain konsisten berusaha, konsisten pula dalam berdoa. Anda tidak akan mendapatkan apapun yang Anda inginkan tanpa kehendak  Tuhan. Jika Anda muslim, solat 5 waktu kemudian selingi dengan ibadah-ibadah sunnah seperti solat duha dan tahajud. Maka Anda akan menemukan kunci-kunci peraih rezeki serta kebaikan dunia dan akhirat. Jangan lupa, selalu minta restu dan doa orang tua sebelum Anda menuntut ilmu ke sekolah. Turuti perintah mereka dan dilarang membangkang selama perintah itu baik. 🙂
Seberapapun sulitnya merah rangking satu, saya rasa Anda tetap berada di pelung yang besar apabila terus melakukan hal-hal di atas. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *