Tips Mengetahui Makna Teks dengan Kosakata Terbatas

Kosakata terbatas, mungkin itu yang menjadi masalah kita semua ketika hendak memahami sebuah makna teks bahasa Inggris. Baru saja membaca beberapa kalimat, kita sudah kebingungan sendiri karena hanya sedikit makna yang bisa dicerna. Pada dasarnya, vocabulary memang menjadi masalah semua orang yang ingin mempelajari bahasa Inggris.

Kendati demikian, ada trik-trik khusus untuk melewati keterbatasan tersebut. Artikel singkat di bawah ini, saya dapat dari pengalaman teman dan diri saya sendiri dalam mengetahui makna sebuah teks namun dengan kosakata yang terbatas.

Gunakan Background Knowledge


Apa itu Background Knowledge? Misalnya begini, anda sedang membaca teks tentang Travelling to Bali. Sebelum membaca teks tersebut anda sudah mempunyai gambaran tentang Bali misalnya Pantai Kuta, Bali Zoo, dan Pantai Jimbaran. Nah, gambaran secara umum tersebut yang disebut sebagai Background Knowledge atau latar belakang pengetahuan terkait dengan sebuah teks.

Saat mengetahui gambaran umum mengenai Kuta dan Jimbaran, maka Anda akan langsung mengerti ketika teks tersebut membahas Jimbaran. Tentu saja, anda tidak perlu lagi mempunyai pengetahuan paling luas terhadap arti kosakata.

Bandingkan ketika anda tidak menggunakan background knowledge, seketika anda menjadi pembaca paling bingung karena hanya sedikit kosakata yang anda miliki. Sudah minim pengetahuan, minim kosakata pula. 😀

Gunakan Contextual Clues


Cara selanjutnya yang bisa anda coba adalah Contextual Clues. Contohnya, anda membaca sebuah teks bahasa Inggris mengenai monyet. Di paragraf kedua, anda menemukan kesulitan dalam hal kosakata, karena banyak yang tidak dimengerti. Tetapi, anda menemukan kosakata Parts of Body pada awal paragraph tersebut.  

Tentu saja, bisa ditebak bahwa paragraf yang tidak anda mengerti sejatinya berisi uraian bagian-bagian tubuh monyet tersebut.

Contextual clues dapat membantu Anda dalam menemukan makna kunci dari sebuah teks dengan cara yang cukup mudah.

Semoga dua tips di atas dapat membantu Anda. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *