Cara Membuat Pelajaran Bahasa Inggris Menarik dengan Film

Tidak dipungkiri, banyak hal dalam pelajaran bahasa Inggris yang tidak disukai oleh siswa. Kebanyakan menganggap bahwa pelajaran ini mempunyai materi super sulit yang bahkan tidak mampu mereka kuasai. Sejatinya, tidak ada masalah dengan bahasa inggris atau materinya, namun yang menjadi masalah adalah bagaimana seorang guru membawakannya ke dalam kelas.
 
Ketika pelajaran bahasa Inggris dibawakan dengan gaya yang kaku, harus menghafal kosakata, menghafal tenses dan mencatat materi, maka tidak heran apabila bahasa Inggris menjelma menjadi pelajaran yang sulit. Kemudian, bagaimana menjadikan bahasa inggris sebagai pelajaran yang mudah dan tidak membosankan? Film bisa menjadi salah satu jawaban yang tepat. Melalui film, siswa akan mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris kemudian juga hiburan, sehingga mereka terhindar dari rasa bosan.

Langkah-langkah membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi menarik karena Film, bisa Anda lihat melalui penjelasan di bawah ini.
 

Pilih jenis film yang akan Anda putar

 
Film apa yang bisa Anda pilih? Saya mempunyai pengalaman memutar film yang bertema survival. Jadi, ada seorang yang terdampar di sebuah pulau. Ketika sang bintang film terdampar di pulau yang menyulitkan, kita hentikan filmnya secara tiba-tiba. Baru kemudian kita lakukan langkah selanjutnya.
 
Anda juga bisa mengikuti langkah tersebut dengan memilih film bertema survival serta mengandalkan cerita manusia yang terdampar di sebuah pulau, atau mereka yang tersesat di suatu tempat.
Advertisement
 

Siapkan peralatan aneh

 
Apa itu peralatan aneh? Pengalaman saya waktu itu, ada berbagai jenis benda seperti sikat gigi, penggaris, pisau kecil, kain, dan sebagainya yang dipersiapkan oleh guru. Peralatan tersebut digunakan untuk membuat semacam alat imaginatif yang bisa digunakan oleh orang yang terdampar tersebut dalam rangka bertahan hidup.
 
Siswa dibebaskan untuk mempunyai imaginasi apapun. Misalnya, dengan sikat gigi ia bisa membakarnya kemudian bahan plastik yang ada di sikat gigi bisa terlebur dan menjadikannya sebagai lem kayu untuk membuat kapal baru. Memang sedikit konyol, namun out of the box ideas yang diberikan oleh siswa mampu membuat mereka berpikir kritis dan tidak bosan dengan pembelajaran yang ada.
 

Bentuk kelompok

 
Bentuk kelompok dengan anggota tiga hingga empat orang dan bagikan beberapa alat aneh kepada setiap kelompok. Berikan mereka waktu sekitar 10 menit untuk membentuk imaginasi dari alat-alat aneh tersebut. Setiap orang dalam kelompok wajib membuat satu alat imaginatif, sehingga tidak ada anggota yang sekedar “numpang tenar” untuk mendapatkan nilai. 😀
 

Presentasikan di depan kelas

 
Ketika siswa sudah selesai menghasilkan imaginasi, berikan mereka kesempatan untuk melakukan presentasi di depan kelas. Tentu saja, presentasi yang dilakukan menggunakan bahasa Inggris dan setiap anggota melakukan presentasi berdasarkan alat imaginatifnya sendiri.
 
Dalam konteks ini, selain mampu membuat siswa berpikir kritis, dan out of the box, mereka juga mampu diajak untuk menggunakan bahasa inggris lewat kegiatan berbicara atau presentasi di depan kelas. Mungkin banyak dari siswa yang masih salah dalam pengucapan kata-kata, namun satu hal yang penting adalah mereka mulai belajar serta berani untuk menyatakan pendapat melalui bahasa Inggris.
 
Selamat mencoba trik pelajaran bahasa Inggris dengan film tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *