4 Kiat Jitu Belajar Teknologi Bagi Seorang Guru

Anda ingat syarat menjadi seorang guru? Harus pintar. Pintar bukan hanya dalam kategori pelajaran yang ditekuni saja, namun saat ini guru dituntut untuk pintar bersosialisasi, memberikan penjelasan, dan tentu saja pintar teknologi. Eits, tunggu dulu..
 
Untuk kategori yang ketiga atau pintar teknologi, sepertinya banyak guru yang masih belum mampu mencapainya. Ketertinggalan seorang guru dalam bidang teknologi bisa Anda lihat secara jelas. Coba tanyakan kepada banyak guru di luar sana, apakah mereka bisa mengirim file melalui email? Apakah mereka bisa membuat slide power point untuk mengajar? Mungkin mayoritas menjawab ya apabila Anda bertanya ke guru-guru di kota besar. Namun untuk di daerah pedesaan? Mayoritas akan menjawab tidak.
 
Sebagian besar dari mereka mengungkapkan dua alasan yaitu tidak mempunyai fasilitas seperti komputer atau laptop, dan tidak ada waktu karena sibuk dengan urusan keluarga di rumah. Tetapi jangan khawatir, karena artikel ini akan memberikan kiat-kiat jitu agar Anda mampu belajar teknologi hingga menguasainya. Selamat membaca.
 
 

Ketahui Dulu Dampak dari Gaptek

 
Dengan mengetahui dampak-dampak gaptek, niat Anda untuk belajar akan semakin terbangun. Kemudian, rasa takut Anda juga semakin besar jika tidak menguasai teknologi dengan baik. Apa akibat gagap teknologi bagi seorang guru? Antara lain adalah sebagai berikut.
 
Pertama, bidang keilmuan yang dimiliki oleh seorang guru bisa terus berkurang karena tidak melakukan pencarian sumber ilmu di dunia Internet.
 
Kedua, guru bisa kalah pintar dengan muridnya karena murid saat ini sudah menggunakan dunia internet dan komputer sebagai basis pembelajaran meraka.
 
Ketiga, sewaktu teknologi dibutuhkan, guru tidak mampu menggunakannya. Misalnya, ketika harus mengirim file melalui Email. Pengiriman file menjadi tertunda bahkan batal karena guru tidak mengerti bagaimana cara mengoperasikan email.
 
Mulai dari sekarang, belajar IT yuk.. 🙂

Advertisement

 

Niat dengan Serius dan Luangkan Waktu

 
30 menit saya rasa sudah cukup untuk belajar beberapa bagian dalam teknologi. Satu hal yang penting yaitu niat Anda untuk belajar. Ketika Anda sudah meniatkan diri untuk mempelajari teknologi, maka tidak ada istilah tidak sempat atau tidak ada waktu. Luangkan meski 30 menit dan lakukan setiap hari.
 
 

Meyakini Bahwa Teknologi Bukan Teroris

 
“Takut rusak, takut salah, takut tidak berfungsi” banyak yang mengeluhkan semua hal tersebut apabila dihadapkan pada komputer. Sekarang saya ingin bertanya, Itu adalah komputer atau teroris?
 
Komputer itu canggih dan ketika Anda hanya salah ketik atau salah tekan, maka sangat mudah untuk mengembalikannya seperti semula. Di dalam komputer adalah sistem yang bernama Undo dan Redo. Dua buah perintah inilah yang bisa menghapus kesalahan dan mengembalikannya seperti semula.
 
So kalau begitu, jangan takut lagi dan coba saja. Undo dan Redo siap membantu Anda.
 
 

Siapkan Mentor atau Mentori diri Anda

 
Akan lebih baik jika Anda mempunyai seorang mentor yang dapat memandu Anda dalam mempelajari ilmu-ilmu penting di dunia Internet dan komputer. Kendati demikian, Anda bisa menjadi mentor untuk diri Anda sendiri. Artinya, carilah informasi sebanyak-banyaknya kemudian aplikasikan dalam pembelajaran atau coba-coba saja setiap fitur yang ada di komputer tersebut. Misalnya, Anda ingin belajar Microsoft Word namun Anda tidak mempunyai seorang mentor dan tidak memiliki sumber belajar. Jadi, cara yang paling relevan adalah mencoba setiap fitur yang ada di Microsoft Word tersebut. Bagaimana jika rusak? Tenang saja, komputer tidak akan rusak hanya karena salah tekan pada fitur Mic. Word. 🙂
 
Segera dicoba.
 
Baca Juga : 
 
 
 
 
 
 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *