6 Kiat Dahsyat dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis

Kita mungkin terbiasa mengatakan bahwa kemampuan berbahasa Inggris ditentukan oleh cas cis cusnya seseorang dalam berbicara. Ketika mampu berbicara dengan baik, maka ia mampu berbahasa dengan baik pula. Kendati demikian, jangan lupakan skill atau kemampuan yang tidak kalah penting yaitu menulis.

Kemampuan menulis sebaiknya terus Anda latih agar kemampuan berbahasa menjadi semakin lengkap. Apalagi, di era ini ada banyak lapangan pekerjaan, pelajaran sekolah, dan mata kuliah di Universitas yang menuntut anda untuk mampu menulis menggunakan bahasa Inggris.

Bagaimana teknik melatih kemampuan menulis Anda? Akan diberikan detail tekniknya berikut ini. 🙂

Perbanyaklah Membaca Teks Bahasa Inggris

Untuk mampu menulis dengan baik, tentu anda harus banyak-banyak membaca surat kabar dan berbagai jenis teks lainnya. Tujuannya terbagi ke dalam dua hal yaitu memperbanyak wawasan Anda sehingga nantinya tidak kehabisan ide dalam menulis. Tujuan kedua dan merupakan tujuan paling penting adalah membiasakan diri terhadap terhadap kumpulan kosakata dan struktur kalimat berbahasa. Sehingga, diharapkan Anda bisa lebih mudah dalam kegiatan menulis itu sendiri.

Tulislah Kalimat-Kalimat Singkat Terlebih Dahulu

Untuk melatih kepekaan Anda dalam menulis, silakan latih dengan membuat kalimat-kalimat singkat terlebih dahulu. Buat kalimat singkat dalam bahasa Inggris di catatan telepon genggam, status Facebook, Tweet, atau di buku harian Anda. Ketika terus berlatih, maka kemampuan Anda dalam menulis kalimat bisa semakin baik dan bisa melangkah ke penulisan paragraf.

Advertisement

Jangan Lupa untuk Memperbanyak Kosakata Anda

Memperbanyak pembendaharaan kosakata tidak harus dengan menghafal. Tetapi, biasakan saja diri Anda terhadap kosakata. Biasakan dan biasakan. Bagaimana cara membiasakannya? Dengan banyak berbicara, membaca, dan menulis. Kemudian, cari tahu menggunakan kamus tentang arti kosakata yang belum Anda ketahui.

Menulislah di Buku Harian Anda

Pada awalnya, mungkin Anda sedikit ragu apabila harus mem-publish tulisan panjang yang telah dibuat. Oleh karena itu, disarankan untuk menulis di buku harian terlebih dahulu. Tulislah hal-hal sederhana seperti pengalaman sehari hari. Juga, jangan bebankan diri Anda untuk menulis hal-hal yang sulit dengan topik yang masih sulit Anda jangkau.

Seringlah Membuat Tulisan, Kemudian Minta Orang Lain Untuk Mengoreksinya

Hampir semua penulis menganggap tulisannya sudah baik, tetapi ternyata tidak di mata orang lain. Sebuah tulisan, harusnya dianggap layak bukan hanya oleh sang penulis, tetapi juga masyarakat. Oleh karena itu, sering-seringlah meminta nasihat terhadap tulisan Anda dari orang yang lebih ahli. Minta pendapat mengenai struktur kalimat, penguasaan diksi, gaya bahasa, dan enak atau tidaknya tulisan tersebut dibaca.

Praktik Secara Terus Menerus

Menulis itu bagaikan belajar berenang. Saat belajar berenang, Anda tidak duduk diam, membayangkan teori berenang, kemudian Anda mampu berenang dengan baik bukan? Anda harus praktik untuk bisa!

Begitu juga kemampuan menulis. Anda menjadi ahli karena praktik. Jadi, jangan malas dan teruslah berpraktik! 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *