Simak 7 Tips Motivasi Belajar Ampuh dari BritishCouncil.Org!

loading...
Editor’s note : Pagi ini, saya sedang membuka beberapa situs pembelajaran bahasa Inggris untuk mencari ide baru. Tidak disengaja, ada sebuah situs yang cukup bagus dengan alamat BritishCouncil.Org. Kemudian salah satu artikel menarik perhatian dan sangat ingin saya share ke teman-teman semua. Ok, selamat membaca. 🙂
 
Dalam belajar bahasa Inggris, banyak pemikiran bahwa Anda membutuhkan waktu cukup lama untuk hidup di luar negeri, memiliki teman dekat orang asing, serta menghabiskan malam dengan kepala yang terkubur oleh buku tata bahasa paling membosankan. Untuk sukses berbahasa Inggris, tidak perlu aturan rumit seperti itu, cukup ikuti 7 sistem dasar di bawah ini.
 
 

Santai, jangan khawatir, dan berbicaralah meskipun salah

Bila Anda ingin menggunakan bahasa inggris bahkan menguasainya, maka jangan khawatir tentang membuat kesalahan saat berbicara. Kemungkinan besar, Anda akan terus membuat kesalahan meskipun kecil ketika berbicara. Kendati demikian, santai saja dan tetap belajar. Seorang bayi tidak akan berjalan jika ia tidak jatuh di banyak waktu.

 
 

Belajar melalui teknik yang Anda sukai

 
Di dalam belajar, intinya adalah paham. Bagaimanapun caranya!

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang menyukai teknik belajarnya, maka ia akan mendapatkan lebih banyak ilmu. Ketika Anda merupakan pembelajar secara visual, maka hubungkan antara bahasa Inggris dengan gambar serta foto. Kemudian, menonton film berbahasa Inggris tanpa terjemahan juga merupakan ide yang menarik untuk Anda coba.
 
Jika Anda mempunyai gaya belajar auditori, maka mendengarkan musik berbahasa Inggris sebanyak mungkin merupakan teknik yang oke lho. Sedangkan, gaya analitik cocok dengan cara membandingkan tata bahasa serta mempelajarinya secara penuh. Bagaimana dengan gaya interaktif? Cobalah untuk berkomunikasi sebanyak mungkin menggunakan bahasa Inggris dengan orang lain.
 
Begitu banyak gaya serta teknik belajar yang bisa membuat Anda sukses berbahasa Inggris. So, jangan lagi kaku dengan hanya menggunakan teknik yang itu-itu saja.
 
 

Pelajari teknik memorisasi

 
Ada banyak buku yang membahas mengenai pembelajaran teknik memorisasi yang baik. Ini merupakan sebuah ketrampilan yang harus Anda ketahui serta pelajari secara serius. Untuk sukses belajar bahasa asing, tidak dipungkiri bahwa kita disarankan mempelajari teknik memorisasi kosakata.
 
Advertisement

Benamkan diri Anda ke dalam Bahasa Inggris

 
Terdapat seorang mahasiswa spanyol yang belajar bahasa asing satu ini. Rumah yang ia miliki penuh dengan potongan-potongan kertas kecil yang berisi kosakata bahasa Inggris. Setiap kali ia pergi ke dapur, membuat secangkir kopi, memegang remote control, atau ke kamar mandi, ia selalu melihat kata-kata berbahasa Inggris.
 
Setelah kata-kata tersebut tertanam di pikirannya, ia membuat sebuah file di akhir pekan. Cara ini membuat ia mendapatkan 10 kosakata setiap hari atau 70 kata setiap minggu. Ia membaca, mengubah saluran televisi menjadi bahasa Inggris, dan berbicara bahasa Inggris di setiap kesempatan!
 
 

Terhubung dengan dunia luar

 
Ada seorang yang tinggal di luar Hanoi dan pergi dari desanya tiga kali seminggu untuk menuju warung internet di kota kecil terdekat. Tujuannya untuk bertemu dengan teman-temannya yang ada di Inggris, Australia, dan Amerika Serikat. Ia mengobrol dengan koneksi internet serta menggunakan fasilitas voice (suara) chatting di warung internet tersebut. Sebelum berlatih, ia tidak pernah berani serta mampu berbicara bahasa Inggris. Dua bulan kemudian, sang pria dari desa kecil tersebut mampu melakukan percakapan dalam bahasa Inggris dengan cukup baik.
 
Internet telah membawa manfaat yang begitu banyak bagi pembelajar bahasa. Anda dapat menemukan ratusan situs yang bagus untuk berlatih tata bahasa, kosakata, mendengarkan, pengucapan kata, dan berbicara.
 
 

Pelajari kosakata secara sistematis

 
Mulailah belajar kosakata bahasa Inggris dari hal-hal yang umum dan terkait dalam konteks kehidupan sehari hari. Anda dapat memulai kosakata tentang sekolah, rumah, ruang kerja, ruang belajar, dan gedung olahraga. Dimana Anda memulai hari, maka temukanlah kosakata yang terkait dengan tempat tersebut.
 
 

Jangan menunda hingga hari esok, lakukanlah sekarang juga

 
Di London, salah seorang berkebangsaan Thailand sedang mempelajari desain fashion. Bahasa Inggris nya sangat baik. Dia mengatakan bahwa ketika ia berusia lima belas tahun, ada keputusan untuk belajar fashion di Inggris. Dia tahu apa yang dibutuhkan adalah skor IELTS tinggi dan ia mulai belajar segera. Ketika ia berusia sembilan belas tahun dan cukup tua untuk pergi, dia siap dengan bahasa Inggris terbaiknya. Terbukti bahwa ini adalah langkah cerdas. Saat ia kembali ke Thailand setelah satu tahun, ternyata beberapa temannya masih belajar bahasa Inggris, menunggu untuk pergi ke luar negeri untuk belajar. Sementara ia telah begitu fasih, memiliki kualifikasi baik, dan masuk ke pekerjaan yang besar!

Artikel dari Tim Hood – British Council

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *