Ingin Tahu Proses Pembuatan Kalimat Bahasa Inggris? Baca Ini

loading...
Now we are going to talk about sentence. Are you ready? Ok, We’ll bring you to the material. 🙂 
  1. I drink.
  2. I speak.
  3. I touch.
  4. I eat.
  5. I spend.
  6. I leave.
  7. I get.
 
Anda tahu apa yang kami tulis di atas? Itulah kalimat. Kalimat merupakan sesuatu yang Anda tulis dalam kehidupan biasa, sesuatu yang Anda bicarakan. Di dalam sebuah kalimat, terdapat subjek dan predikat. Ketika saya menulis “I drink”, maka subjek yang muncul adalah “I” dan predikat yang ada adalah “drink”.
 
Tidak perlu memikirkan kalimat yang begitu rumit ketika Anda ingin membuat sebuah kalimat, cukup dengan menerapkan hal yang sama seperti kami buat di atas. Setelah Anda mengetahui susunan kalimat sederhana seperti yang kami tulis, saat ini praktikkanlah untuk membuat kalimat dengan anggota subjek dan kata kerja. Hanya itu? Ya, hanya itu dan praktikkan terlebih dahulu.
Advertisement
Sudah membuat berbagai jenis contoh kalimat dengan anggota subjek dan kata kerja seperti yang kami contohkan? Jika sudah, kini giliran Anda untuk membuat kalimat yang lebih kompleks lagi. Perhatikan kalimat berikut ini.
  1. I drink a lot of water today.
  2. I spoke English when I was in America two years ago.
  3. I ate too much so I couldn’t run fast.
  4. I spend my day with you.
  5. I left this city two years ago.   
Berbagai kalimat di atas merupakan kalimat yang sudah lebih kompleks dari sebelumnya. Anggotanya tetap, yaitu subjek dan predikat. Perhatikan tabel di bawah ini, susunan kalimat di atas dan ketika diubah ke hal yang lebih rinci adalah sebagai berikut.
Terdapat satu bagian penting lagi yang tidak boleh Anda lewatkan dalam pembuatan kalimat. Di dalam bahasa Inggris terdapat kalimat yang diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tAnda seru atau titik. Contohnya bisa Anda lihat pada contoh kalimat di bawah ini.
 
  1. Look out!
  2. Look at me!
  3. Go home!
  4. Go out!
  5. Pick me up.
  6. Hold on!
 
Meskipun kita sering tidak mendapati subjek dan predikat, namun contoh di atas bisa disebut dengan kalimat. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *