Metode Belajar Tenses Bahasa Inggris Terbaik dari @AchmadWibawa

Cara mudah belajar bahasa Inggris – Mempelajari tenses bahasa Inggris itu memang sulit, bahkan luar biasa sulit menurut saya. Banyak bagian tenses yang sudah saya baca berulang-ulang dan hafalkan ketika SMA namun belum memberikan pemahaman sempurna. Mendapatkan pemahaman tenses secara menyeluruh baru bisa saya lakukan ketika di Universitas. Tidak tahu apakah saya yang bodoh atau sistem pembelajaran tenses bahasa Inggris yang belum benar. 🙂
 
Kendati demikian, ada banyak momen dimana saya menyadari bahwa metode yang saya pakai untuk belajar tenses itu tidak tepat. Terlalu banyak menghafal dan mengandalkan otak kiri, itula kesalahan terbesarnya. Untuk itu, beberapa bagian yang dicantumkan pada poin berikut, saya anggap sebagai elemen yang kurang tepat dalam tenses.
 
  1. Terlalu banyak hafalan
  2. Visualisasi dengan kehidupan sehari-hari kurang
  3. Kalimat tenses yang sangat ortodoks
  4. Formula tenses yang rumit
  5. Penjelasan guru yang belum tepat
 
Kalau teman-teman ingin menambahkan silakan saja. Tetapi yuk kita lebih berfokus pada pembenahan metode pembelajaran tenses.. 🙂
 
Saya ingin berbagi beberapa poin penting dalam belajar tenses agar siswa lebih mengerti dan memahami penggunaan tenses dengan benar. Bukan sekedar hafal, namun mereka juga mempunyai basis yang kuat dalam tenses. Sebuah basis yang kuat tidak akan mudah goyah meskipun kalimat yang ada diputarbalikkan serumit apapun.
Bagi saya pribadi, pembelajaran tenses itu bisa mudah jika dilakukan dengan cara-cara berikut. Selamat membaca dan semoga membantu.

Advertisement

Divisualisasikan dengan kejadian sehari-hari

 
Tenses memang mempunyai banyak kalimat pengertian dan formula. Kendati demikian, bukan berarti tenses harus dihafal. Jika hanya mengandalkan hafalan, maka percaya deh sama saya, tenses Anda akan buruk selamanya.
 
Cobalah memvisualisasikan tenses dengan kejadian sehari-hari yang biasa Anda lakukan. Misalnya, ketika mempelajari present continuous tense, jangan mengandalkan hafalan formula dan membuat kalimat rumit. Present continuous adalah hal yang Anda lakukan saat ini dan detik ini juga. Misalnya, menulis, membaca, belalajar bahasa Inggris, atau sedang berbicara. Kemudian, tulis apa yang terjadi saat ini dalam tenses continuous, gampang bukan? 
 
Salah satu yang paling sulit menurut saya adalah past perfect tense. Tetapi, saya tidak hafalkan rumusnya, lebih menyenangkan bagi saya untuk mengamati dan mengingat hal yang pernah saya lakukan pada beberapa tahun yang lalu. Kemudian saya buat dalam kalimat bahasa Indonesia. Lalu, diterjemahkan menggunakan bahasa Inggris beserta tenses yang sesuai.
 
Lambat laun, saya tidak menggunakan terjemahan lagi. Yang saya lakukan adalah langsung membuatnya dalam bahasa Inggris.
 

Bagi dahulu tenses menjadi tiga buah

 
Tenses itu mempunyai jumlah 16, tentu sangat rumit bagi siapapun yang baru belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, jangan buat tenses menjadi  16, tetapi bagi dahulu menjadi tiga buah.
 
Tiga buah tenses yang patut untuk dipelajari adalah present tense, past tense, dan future tense. Pahami dahulu ketiga bentuk tenses tersebut. Lakukan latihan penulisan kalimat, pemahaman visual, dan cara berbicara yang benar agar Anda mendapatkan fondasi kuat. Setelah itu, mulai pahami cabang-cabang tenses satu demi satu.
 
Saya terapkan hal demikian saat belajar tenses dan sangat merasa sulit apabila harus push too hard dengan memamahami 16 tenses sekaligus. Saya bagi dahulu menjadi tiga buah, pahami dengan baik, dan baru saya alihkan pengertian tenses yang lain.
 

Praktik secara berulang-ulang

 
Ok, jangan banyak menghafal tetapi banyaklah berpraktik. Bahasa Inggris adalah sebuah bahasa dan harus dipraktikkan. Tenses juga termasuk elemen yang harus Anda praktikkan secara berulang-ulang hingga paham. Ini bukan rumus Fisika atau Matematika, namun ini ilmu kebahasaan.
 
Bagaimana Anda mampu berbicara bahasa Indonesia dan menguasai tata bahasanya? Anda tidak tahu bukan? Itu karena Anda hanya praktik dan praktik. Bahasa bukanlah ilmu eksak yang bisa dihafal, namun bahasa adalah urat nadi kita sendiri yang harus dipahami alurnya serta digunakan terus menerus agar mampu dikuasai.
 
Salah satu alasan saya mampu menguasai tenses bahasa Inggris dengan baik baru pada saat kuliah, adalah praktik yang berulang. Dosen menjelaskan menggunakan tenses, saya dan teman berbicara bahasa Inggris menggunakan tenses, dan setiap hari saya menemukan tulisan dengan tenses yang berbeda. Elemen-elemen bahasa Inggris tersebut membuat saya mampu membuat pemahaman tenses melesat dengan baik. 🙂 
 
Oke, saya rasa itu dulu yang bisa dibagi melalui tulisan kali ini. Kalau teman-teman ingin menambahkan tentang metode belajar tenses bahasa inggris, silakan.
 
 
Salam
 
 
 
Penulis dan Co-Founder Jefferly Super Club

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *