Tips Mengajar Bahasa Inggris Ketika Siswa Anda Belum Mengerti Apapun

Cara mudah belajar bahasa Inggris – Indonesia adalah Indonesia, kita semua masih menggunakan bahasa ibu yaitu bahasa Indonesia. Tentang bahasa Inggris, sampai kapanpun kita akan menganggapnya sebagai bahasa asing dan bukan bahasa kedua atau bahkan bahasa utama. Apa keterkaitannya? Tentu saja, setiap siswa berpeluang untuk mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang buruk. Tidak masalah bukan? Karena itu memang sistem kebijakan Negara kita.

Yang harus Anda sikapi sebagai guru, bagaimana mengelola pembelajaran agar tetap sukses bahkan dengan siswa yang belum mengerti apapun kecuali “yes” dan “no”. Ini banyak terjadi di daerah yang berada jauh dari pusat pendidikan di wilayah Indonesia. Tidak mengapa, dan itu adalah tantangan kita sebagai pengajar! :)

Secara khusus, dalam artikel ini saya akan membagi beberapa hal penting mengenai tips mengajar bahasa Inggris dengan situasi tersebut. Simak ya, dan semoga membantu Anda.


Turunkan Tingkat Kesulitan Materi


Anda ingin mengajarkan kalimat tetapi siswa belum mengetahui apa itu kata benda, kata sifat, dan kata kerja. Maka, jangan paksa anak untuk belajar kalimat, maka berlajarlah mengenai ketiga kata tersebut.

Di saat Anda mengajarkan kata benda dengan cara memberikan berbagai contoh, namun Anda menemukan siswa belum mengetahui bahwa dua atau lebih kata benda harus ditambah “s”, maka mulailah terlebih dahulu ke materi singular dan plurar sebelum Anda mengajarkan pembuatan kalimat.

Pada dasarnya, siswa tidak boleh dipaksa untuk mengerti suatu pembahasan apabila ia belum mengetahui materi penopangnya. Ketika Anda memaksakan siswa untuk mengetahui materi dengan tingkat lebih tinggi namun mereka buruk di materi sebelumnya, maka Anda sama dengan membangun rumah tanpa fondasi.

Jangan Berikan Target Tinggi, Enjoy!


Seorang guru merasa frustrasi dengan kemampuan siswanya, karena ia berharap terlalu tinggi namun hasilnya jauh di luar harapan. Sebaiknya, jangan berharap terlalu tinggi kepada siswa Anda, tetap mengajar dengan enjoy dan jangan pedulikan kejaran materi.

Kalau Anda terus dikejar-kejar dengan target materi yang notabene tinggi, tentu murid akan stress dan tidak mendapatkan pembelajaran apapun. I believe it, mau bukti? Oke, logikanya, bagaimana jika siswa dari pedalaman Indonesia diberikan target kurikulum yang sama dengan siswa kota? Siswa di pedalaman tersebut harus menyesuaikannya, tentu saja bisa gila mereka semua.

Saya pernah menemukan guru yang tidak peduli dengan kejaran materi di kurikulum dan ia mengajar sesuai kemampuan siswa setahap demi setahap. Hasilnya, siswa mampu belajar dengan enjoy dan materi yang sedikit tersebut terserap secara utuh.

Do What Students Love, Mereka Senang, Pasti Anda Senang


Siswa itu sama seperti kita semua. Setengah-setengah jika melakukan apa yang tidak mereka sukai dan sangat bersemangat melakukan apa yang mereka sukai.

Jangan terlalu kaku dengan terus menerapkan metode hafalan atau translation. Buat suasana kelas menjadi begitu nyaman dan ceria dengan adanya games, metode baru, dan cerita-cerita humoris.

Okelah tidak mengapa apabila Anda mempunyai metode kaku untuk mengajar. Tetapi, siswa itu menyukai hal-hal yang berbau permainan atau games. So, berikan mereka sedikit refreshing pikiran dengan apa yang mereka sukai.


Semoga tips mengajar bahasa Inggris di atas dapat membantu Anda semua. Selamat mencoba.
 

ADD YOUR COMMENT