Teknik Membaca Bahasa Inggris Cepat dengan Skimming dan Scanning

Cara mudah belajar bahasa Inggris – Membaca bahasa Inggris cepat adalah aktivitas yang harus dipelajari oleh kita semua. Dalam sebuah teks, tentu tidak mungkin kita terus membaca seluruh kalimat dengan teliti. Karena, bisa jadi waktu yang kita miliki tidak mencukupi dan kita tertinggal. Tidak ada cara lain selain mempelajari skimming dan scanning untuk mempercepat membaca dan memahami sebuah teks atau paragraf.

Sebelum membahasnya secara detail, kita bahas dulu teknik membaca bahasa Inggris ini secara umum. Ok, skimming dan scanning adalah dua strategi membaca cepat namun sangat berbeda satu sama lain. Perbedaannya terletak pada tujuan yang akan kita bahas nanti. Orang-orang dengan kepAndaian skim dan scan yang baik, akan sangat fleksibel dalam keterbatasan waktu. Mereka mampu membaca cepat dan mendapatkan informasi tanpa membuang waktu secara percuma.


Ingin tahu pengertian lengkap mengenai skimming dan scanning serta bagaimana langkah-langkahnya? Anda bisa menemukannya melalui penjelasan kami berikut ini.


Skimming


Skimming mengacu pada proses membaca cepat untuk mendapatkan ide utama. Ide utama harus dicari dalam rangka mendapatkan pengertian secara keseluruhan dalam isi sebuah bacaan. Misalnya, Anda ingin membaca sebuah teks dengan judul “Alasan David Beckham Pensiun dari Dunia Sepak Bola”, maka Anda tidak perlu membaca keseluruhan teks, cukup dengan membaca ide utama yaitu Alasan kenapa David Beckham pensiun.

Langkah-Langkah dalam Skimming


  1. Baca judul artikel.
  2. Baca paragraf pertama dalam sebuah artikel secara lengkap.
  3. Perhatikan apabila terdapat sub judul, ketahui maksud sub judul tersebut dan kaitkan dengan intisari artikel.
  4. Baca kalimat pertama dalam setiap paragraf karena biasanya kalimat pertama merupakan ide utama dari sebuah paragraf.
  5. Perhatikan setiap gambar, diagram, atau grafik.
  6. Perhatikan kata yang dicetak miring atau tebal.
  7. Baca paragraf terakhir.


Ketika Anda kira-kira telah menemukan ide utama setelah menjalankan berbagai langkah di atas, maka langkah selanjutnya adalah menuju ide utama tersebut dan mencatat dalam pikiran mengenai ide utama yang telah ditemukan.

Scanning


Scanning merupakan teknik membaca cepat yang Anda gunakan dalam rangka mencari informasi tertentu secara cepat. Dalam scanning, secara langsung Anda mempunyai pertanyaan dalam pikiran dan proses membaca hanya untuk menemukan jawabannya. Anda juga boleh mengabaikan informasi yang tidak terkait.

Langkah-langkah Scanning


  1. Sebutkan atau pikirkan informasi yang Anda cari.
  2. Cobalah mengantisipasi berbagai hal yang muncul dalam artikel serta terkait dengan informasi yang ingin dicari. Misalkan, Anda sedang mencari sebuah tanggal tertentu, maka Anda bisa lebih antisipasi dan sensitif dengan nomor.
  3. Gunakan sub judul (jika ada) dan alat bantu lainnya seperti poin-poin yang diberi nomor dalam rangka mempercepat pencarian informasi.
  4. Selektif namun tetap bergerak dengan cepat ketika melewati bagian demi bagian dalam sebuah artikel.


Itulah penjelasan singkat mengenai teknik skimming dan scanning yang harus Anda pelajari serta perdalam dengan baik. Teknik membaca bahasa Inggris cepat ini sangat berguna terutama ketika Anda berada dalam ujian bahasa Inggris atau harus menjawab pertanyaan dalam presentasi dalam waktu singkat.
 
No Responses

ADD YOUR COMMENT