5 Hal Yang Membuat Guru Bahasa Inggris Dibenci Siswa

Cara mudah belajar bahasa Inggris– Seorang guru bahasa Inggris merupakan salah satu tiang pendidikan bahasa Inggris. Ketika tiang tersebut gagal menopang secara maksimal, maka bangunan menjadi roboh atau tidak mampu tegak sempurna.
 
Bahasa Inggris sendiri merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran. Bahasa Internasional ini wajib untuk dikuasai serta menjadi gerbang ilmu pengetahuan, relasi, dan dunia kerja di masa kini dan nanti.
 
Kendati demikian, ada banyak hal yang menghambat pembelajaran bahasa Inggris, antara lain adalah guru bahasa Inggris yang dibenci oleh siswa sehingga gagal dalam memberikan ilmunya. Tentu Anda sudah tahu, jika seorang guru dibenci oleh siswa, maka guru tersebut tidak mampu mentransfer ilmu bagaimanapun usaha mereka. Kecuali, jika mereka merubah sikap.  
 
Jika Anda adalah seorang guru bahasa Inggris yang tidak ingin dibenci, maka baca poin-poin penting berikut ini dan hindari!
 

Membuat Bahasa Inggris Sedemikian Sulit & Rumit

 
Siswa itu tidak menyukai hal-hal yang sulit. Mereka cenderung enggan untuk melakukan sesuatu yang rumit seperti menghafal dan menulis banyak kalimat. Kalau mereka sangat enggan untuk melakukan kedua hal tersebut, maka jangan terus-terusan melakukan teknik tersebut.
 
Karena, ketika sudah tidak suka dengan metode Anda, kemudian terus dipaksa untuk melakukannya. Maka pembelajaran bisa gagal!
 
Jadikan bahasa Inggris sebagai situasi pembelajaran yang santai. Perbanyaklah games yang membuat siswa belajar secara tidak langsung. Ketika Anda masih berkutat sebagai guru pemberi hafalan dan penulisan kalimat yang segudang, maka bersiaplah dibenci oleh siswa.

Anda Menjadi Guru Galak

Seluruh siswa tidak menyukai guru yang suka marah, menghukum, dan mempunyai tensi tinggi dalam mengajar. Mungkin siswa akan mematuhi guru tersebut, kendati demikian mereka mengolok-olok seorang guru galak dibelakang. Artinya, mereka sebatas takut namun tidak menghormati guru galak.
 
So, bagaimanapun situasinya, jangan libatkan tensi yang tinggi. Bersabar dan mencari cara meluluhkan siswa Anda dengan cara lain itu jauh lebih baik daripada sekedar marah-marah.
Advertisement
 

Konsisten Menggunakan Grammar Translation Method

 
Sebenarnya tidak masalah apabila guru bahasa Inggris mengajarkan grammar, kendati demikian poleslah teknik mengajar Anda dengan hal-hal yang variatif. Jangan melulu mengajarkan grammar dengan rumus, formula tenses, dan hafalan. Siswa akan bosan dengan teknik seperti itu.
 
Cobalah metode lain seperti silent way, audio lingual method, total physical responses, dan masih banyak lagi. So, be creative. 🙂
 

Jarang Memberikan Games

Apa yang siswa sukai dalam belajar bahasa Inggris? Games dan games. Jadi, jika Anda kurang memberikan games, biasanya siswa akan banyak mengeluh. 😀
 
Dalam konteks ini, berikan saja games yang mempunyai efek besar terhadap pembelajaran bahasa Inggris mereka seperti artikel 3 Game Bahasa Inggris Menarik yang Harus Dicoba ini

 

Terlalu Mengejar Materi

 
Jangan mengajar seperti pembalap yang ingin mencapai garis finish secepat mungkin. Santai saja, namun berikan jaminan bahwa siswa Anda memahami semua materi yang telah diberikan. Sebaiknya, utamakan pemahaman siswa daripada penyelesaian materi serta pengejaran target di akhir semester.
Itulah beberapa poin penting yang harus Anda cermati sebagai guru bahasa Inggris.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *