Contoh Conditional Sentence dan Penjelasan Super Lengkap

loading...
Cara mudah belajar bahasa Inggris– Sebelum memberikan contoh conditional sentence, tentu anda harus mengetahui penjelasan lengkap dan bagaimana cara membuatnya terlebih dahulu. Conditional berarti sebuah pengandaian sementara conditional sentence adalah kalimat pengandaian. Dalam kalimat bahasa Indonesia, beberapa contoh berikut ini bisa disebut dengan kalimat pengandaian.
 
  • Jika saya mempunyai uang banyak, saya akan membuat rumah yang besar.
  • Jika saya bisa pergi ke Eropa, saya akan mengunjungi Inggris dan Skotlandia.
 
Di dalam penjelasan ini, kita akan belajar mengenai conditional yang terbagi dalam tiga bentuk kalimat. Masing-masing mempunyai perbedaan tersendiri baik dari cara membuat hingga maknanya. Struktur conditional sentence itu sebenarnya sangat mudah. Jika dalam matematika, ada sebuah struktur yang dapat mewakilinya, yaitu sebagai berikut.
[table id=19 /]

 

Jika y = 10 maka 2y = 20.

 
Atau bisa juga dengan skema di bawah
[table id=22 /]

2y = 20 jika y=10.
 
Penjelasan lengkap mengenai tiga kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut.
 
 
Advertisement

Conditional Sentence Type 1

 
Dalam konteks tipe pertama ini, kita akan berbicara mengenai masa depan. Membicarakan pengandaian masa depan memang sering dilakukan. Sebagai contoh, anda berada di minggu pagi dengan rencana bermain sepak bola ketika sore tiba. Kendati demikian, anda melihat langit berawan dan sepertinya akan hujan. Kemudian, anda membuat pengandaian bahwa jika langit hujan, maka akan berada di rumah dan tidak bermain sepak bola. Di bawah ini, ada beberapa penjelasan mengenai kalimat pengandaian tipe 1.
[table id=23 /]

Beberapa contoh conditional sentence tipe pertama yang lebih lengkap adalah sebagai berikut.
 
 
Struktur : If + simple present tense + Subject + will + verb
[table id=24 /]
 
Struktur : Will + base verb + if + simple present tense
[table id=25 /]