Situs terbaik untuk belajar bahasa Inggris online!

Aturan Penambahan –ing dan –ed dalam Kata kerja Bahasa Inggris

Aturan Penambahan –ing dan –ed dalam Kata kerja Bahasa Inggris

Cara mudah belajar bahasa Inggris – Kita telah mempelajari continuous tense dan kita juga telah memperoleh ilmu tentang past tense. Di dalam dua bidang ilmu tersebut ada satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan, yaitu perubahan kata kerja. Tanpa perubahan kata kerja, maka kalimat yang akan didesain bisa gagal dan tidak mampu mencapai arti yang sempurna. Perubahan kata kerja yang dimaksud adalah perubahan bentuk –ing dan –ed.

 
Dalam pembentukannya terlihat begitu mudah. Karena untuk banyak kata kerja seperti work, play, open, like, link, dan type, Anda bisa dengan hanya menambahkan –ing dan –ed pada akhir huruf tersebut. Di bawah ini ada contoh kata kerja yang tidak memerlukan aturan khusus dalam penambahan –ing dan –ed.
 
Work – working – worked
Play – playing – played
Add – adding – added
Adopt – adopting – adopted
Borrow – borrowing – borrowed
 
Kendati demikian, ada pengecualian terhadap kata kerja dengan bentuk tertentu sehingga Anda tidak hanya menambahkan bentuk –ing dan –ed saja. Apa saja jenis kata kerja tersebut? Dan bagaimana cara membentuknya? Anda akan mendapatkan penjelasannya melalui kalimat demi kalimat berikut ini.
 

Kata kerja Konsonan – Vokal – Konsonan

 
Jika Anda menemukan STRESS atau penekanan pada akhir suku kata atau keseluruhan suku kata, maka Anda hanya menambah satu konsonan lagi dan kemudian menambahkan -ing atau -ed. Di bawah ini ada contoh tabel kata kerja yang menggunakan Konsonan – Vokal – Konsonan dan kemudian mempunyai STRESS. 
 
Konsonan berwarna biru, vokal berwarna merah, sedangkan STRESS akan digarisbawahi, jadi Anda mengetahui dimana letak penekanan dalam ucapan kata tersebut. Kata kerja di bawah ini diubah dengan cara menambahkan satu lagi konsonan yang sama di akhir.

BEG = BEGG + -ING/-ED = BEGGING = BEGGED
STOP = STOPP + -ING/-ED = STOPPING = STOPPED
PLAN = PLANN + -ING/-ED = PLANNING = PLANNED
TAP = TAPP + -ING/-ED = TAPPING = TAPPED
Tetapi, ada beberapa kata kerja yang mempunyai STRESS di awal dan juga tidak secara keseluruhan. Meskipun kata kerja tersebut menggunakan sistem Konsonan + Vokal + Konsonan, maka Anda bisa hanya menambahkan bentuk -ing atau -ed saja tanpa harus melakukan penambahan satu konsonan. Berikut ini adalah contoh lengkapnya dimana STRESS akan digarisbawahi

OPEN = OPEN + -ING/-ED = OPENING = OPENED
VISIT = VISIT + -ING/-ED = VISITING = VISITED
LISTEN = LISTEN + -ING/-ED = LISTENING = LISTENED

Kata kerja yang diakhiri dengan “e”



Untuk kata kerja jenis ini, penambahan -ing atau -ed dapat dilakukan dengan mudah karena Anda hanya harus menghilangkan huruf “e” dibagian akhir kata, dan kemudian tambahkan dengan -ing/-ed. Berikut adalah beberapa contoh penggunannya, dengan huruf “e” kami beri warna ungu


SNORE = SNOR + -ING/-ED = SNORING/SNORED
RETIRE = RETIR + -ING/-ED = RETIRING/RETIRED
LIKE = LIK + -ING/-ED = LIKING/LIKED


Kata kerja yang diakhiri dengan “ie”

 

Jika Anda menemukan kata kerja yang diakhiri dengan “ie” maka cara mengubah ke bentuk -ing juga sangat mudah karena hanya diharuskan untuk mengganti “ie” dengan y, kemudian tambahkan -ing. Namun, ketika Anda ingin menambahkan -ed, jangan melakukan apa-apa dan cukup tambahkan “d” di bagian akhir. 


Di bawah ini, ada contoh tabel dengan “ie” kami beri warna merah.

DIE = DY + -ING = DYING = DIED
LIE = LY + -ING = LYING = LIED
TIE = TY + -ING = TYING = TIED

Dengan beragam penjelasan dan contoh yang kami hadirkan di atas, diharapkan Anda mampu mengerti dengan baik tentang aturan penambahan -ing/-ed di dalam kalimat bahasa Inggris. Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi pribadi yang lebih berpengetahuan. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *