Dasar-dasar greeting (salam atau sapaan) dalam bahasa Inggris

Dasar-dasar greeting (salam atau sapaan) dalam bahasa Inggris
Cara mudah belajar bahasa Inggris - Dalam berbahasa, kita pasti menemukan sapaan, salam, atau sebuah tanda pertemuan ketika bertemu dengan seseorang baik yang tidak kita kenal ataupun yang telah kita kenal. Juga, dalam bahasa Inggris pun seperti itu, di sana salam atau sapaan disebut sebagai greeting. Secara umum, greeting dalam bahasa Inggris merupakan perkataan atau tindakan menyapa seseorang. Sebagai contoh, “hello, good morning, good afternoon, dan good evening”. Greeting merupakan salah satu budaya dan elemen berbicara yang penting jika kalian ingin mempelajari bahasa Inggris.

Ada banyak tipe greeting di dalam bahasa Inggris. Seperti dalam bahasa Indonesia, teman-teman akan mengucapkan halo atau disebut hello ketika bertemu dengan seseorang, memulai sebuah percakapan, berkenalan dengan tetangga baru, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa jenis greeting yang ada di dalam bahasa Inggris.

Greeting ketika bertemu dengan seseorang


Ketika bertemu seseorang, teman-teman harus berlaku sopan dengan terlebih dahulu menyambut mereka. Ucapkan kata “hello” dan lakukan sambil tersenyum merupakan solusi tepat dalam situasi yang satu ini. Jika kita bertemu orang yang sama dalam beberapa waktu, maka senyuman sudah cukup dalam kategori greeting.

Lakukan sapaan dengan berjalan pelan namun kalian tidak perlu berhenti berjalan ketika melakukannya. Cobalah praktikkan dengan teman satu kelas atau siapapun yang bersedia.  Beberapa ucapan greeting adalah sebagai berikut:

  1. Hello
  2. Hi
  3. Good morning
  4. Good afternoon
  5. Good evening
  6. Hey, John.
  7. How’s it goin’?*

*Native spakers atau pembicara asli kebanyakan memperpendek “going” menjadi “goin”. Mungkin ini sama dengan kita yang memperpendek “apa kabar?” menjadi “pa kabar?”

Slang greeting atau bahasa gaul ketika bertemu dengan seseorang


Gunakan bahasa sapaan yang gaul atau slang ketika kalian menyapa teman dekat. Para remaja di barat sama dengan para remaja di Indonesia yang menyapa temannya dengan kata-kata “pa kabar lo?, lagi ngapain bro?, atau lo mo kemana?” nah, kalian sering bukan menyapa teman dengan perkataan seperti itu? dan diyakini bahwa sapaan yang akrab tersebut hanya digunakan untuk teman-teman dekat saja.

Begitu juga dengan remaja di Amerika Serikat sana, dan beberapa contoh greeting yang gaul adalah sebagai berikut.

  1. Howdy (hawdi)
  2. Hiya (haiya)
  3. Whazzup? (whatsap)
  4. Yo (yo)
  5. G’day (geddei)

*Tanda dalam kurung berarti cara membacanya.

Greeting jenis berikutnya bisa teman-teman dapatkan melalui artikel selanjutnya. Praktikkan yang ini dulu ya.