Bagaimana cara mudah belajar bahasa Inggris?

Cara mudah belajar bahasa Inggris – English atau biasa kita sebut dengan Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat antar negara. Artinya, teman-teman menggunakan Bahasa Inggris ketika bertemu orang dari negara apapun selama ia tidak bisa bahasa Indonesia. Namun, dewasa ini Bahasa Inggris bukan hanya menjadi sebuah alat komunikasi, tetapi lebih dari itu. Bahasa Inggris telah menjelma menjadi bahasa mesin, bahasa pemrograman, peluang bisnis, dan bahkan digunakan sebagai tolak ukur dalam kapabilitas tes tenaga kerja.
 
Itu adalah sebagian alasan mengapa Bahasa Inggris sangat penting dan harus teman-teman pelajari. Tetapi masalahnya, ada banyak anak mengeluh bahwa pelajaran Bahasa Inggris yang diberikan di sekolah terlalu sulit dimengerti. Sebenarnya bukan kalian saja, tetapi saya juga sulit memahami pendidikan Bahasa Inggris yang diberikan oleh guru. 



Mengapa Bahasa Inggris sulit dipelajari Di Indonesia?


Sewaktu saya menginjak kelas 3 SMP atau kelas 9, ada seorang guru terbaik yang tidak pernah saya lupakan, beliau bernama Mini Fajariani, seorang guru berbadan mungil namun memiliki kemampuan pengajaran Bahasa Inggris yang baik. 
 
Ketika pertama kali masuk kelasnya, kami dibuat tidak berkutik, karena sepanjang beliau mengajar, tidak ada kata-kata dalam bahasa Indonesia yang terucap. Beliau terus menerus tanpa henti berceloteh Bahasa Inggris dan saya tahu bahwa itu adalah caranya memperkenalkan teknik mengejarnya. But it’s extremely bad for me..
 
Lambat laun saya semakin tertarik dengan cara dia mengajar dan saat itu saya benar-benar jatuh cinta dengan Bahasa Inggris. Dia menjadikan Bahasa Inggris ada di sekitar kami semua. Kami terus dipaksa untuk berbicara, mengucapkan kosa kata, menulis, membaca. Tetapi hal yang paling ditekankan olehnya adalah BERBICARA.
 
Beliau benar-benar tidak suka apabila seorang muridnya tidak mengucapkan sepatah katapun dalam Bahasa Inggris ketika Ia mengajar. Ada ledekan-ledekan yang sering membuat saya malu ketika saya tidak aktif dalam kelasnya, dan itu membuat kami semua terpacu untuk terus mengasah kemampuan Bahasa Inggris.
 

 

Kembangkan minat teman-teman sendiri

 
Dari cerita di atas, jika teman-teman ingin belajar Bahasa Inggris, maka yang teman-teman perlukan adalah minat. Tanpa minat, teman-teman hanya akan merasa terpaksa dalam belajar dan pada akhirnya tidak ada makna Bahasa Inggris sesungguhnya dalam pikiran kalian.
 
Saat ini, kalian hanya dimasukkan sampah oleh para guru, apa sampah tersebut? Hafalan, dan hafalan. Teman-teman mungkin pernah diberikan materi tenses, namun jarang ada guru yang menjelaskan tenses secara terperinci. Mereka terbiasa memberikan sedikit contoh dan menyuruh teman-teman untuk menghafal bukan?
 
Kalau guru teman-teman tidak memotivasi dengan baik, maka kembangkan minat teman-teman sendiri dalam belajar Bahasa Inggris. Kalian bisa membuat klub Bahasa Inggris dan mengajak anak-anak lainnya untuk bergabung. Siapa pembimbingnya? Paksa guru Bahasa Inggris kalian.
 

 

Mengapa kita harus memiliki klub Bahasa Inggris?

 
English club adalah elemen penting karena, teman-teman terlatih untuk berani berbicara. Ingat, minat dalam Bahasa Inggris rata-rata muncul karena teman-teman berani berbicara, dan itu bisa di latih di dalam English club. 
 
Dari berani berbicara, maka teman-teman akan terpacu untuk menggali kemampuan lainnya, terutama pencarian kosakata, dan tata bahasa. Jadi, sebaiknya bukan tata bahasa dulu yang kita pelajari, tetap berbicara terlebih dahulu. 
 
Dengan berbekal klub Bahasa Inggris, teman-teman juga bisa lebih berani dalam berdikusi. Karena yang kita hadap teman-teman kita juga bukan? Lain halnya jika di kelas, kita cenderung canggung bahkan takut ketika harus mengahadapi guru. Mereka bak singa yag siap menerkam jika kita salah, Tetapi berbeda halnya ketika kita berbicara dan berdiskusi dengan teman-teman kita sendiri di klub Bahasa Inggris, kita akan lebih rileks dan enjoy tanpa rasa canggung. 
 

 

Kesimpulannya singkatnya?

 
Bahasa Inggris sama dengan bahasa Indonesia, kita bisa lancar berbahasa Indonesia karena setiap hari menggunakannya. Jadi, kalau teman-teman ingin lancar berbahasa Inggris, coba latih pendengaran kalian dengan lagu-lagu Bahasa Inggris, dan berbicaralah walaupun salah. 
 
Bukankah kita waktu kecil berbicara terus walaupun salah? Tanpa mempunyai aturan bukan? Jadi kenapa kita harus belajar tata bahasa dan menghafal terlalu jauh? Cara mudah belajar bahasa Inggris adalah dengan berbicara.